Ada Apa Dengan Bursa??

September 24, 2008 at 1:12 am Tinggalkan komentar

Black friday 12 September telah terjadi. Secara  mengejutkan akhirnya Lehman Brother akhirnya harus takluk lembaga investasi keuangan terbesar no 4 di US itu harus mengakhiri karir gemilang yang sudah 150 tahun di bina dengan susah payah meninggalkan hutang lebih dari US 600 milyard..!! sungguh suatu angka yang sangat fantastis dan bukan itu saja seperti wabah sampar yang ganas lembaga-2x beken lainnya seperti AIG, Goldman sach, morgan stanley nasibnya juga serupa di ujung tanduk kebangkrutan.

Pikiran kita kembali terusik apa sebenarnya yang sedang terjadi?Lembaga-2x Keuangan beken ternama seperti mereka dengan aset-2x yang fantastis senilai USD Triliunan!!! bukan juta atau milyar lagi Triliunan dollar dan di kelola oleh manager-2x investasi dan orang-2x yang tingkat Intelgensia (IQ)nya ngga perlu di tanyakan lagi bisa dikatakan tempatnya ngumpul para jenius keuangan di planet ini tetapi kenyataan memang pahit mereka kalah!!

Sebelum melangkah lebih lanjut petuah sederhana Benjamin Graham sang guru warrent buffet tetap sekali lagi membuktikan kebenarannya di banding dengan setumpuk teorama-2x investasi yang rumit-2x dan njlimet “Berpikir Logis”

Segala sesuatu di dunia ini mengacu pada hukum alam camkan ini. Sesuatu yang mencoba berlawanan dengan hukum alam akan berakhir menyakitkan. Ingat godaan margin trading adalah sesuatu yang bertentangan dengan hukum alam anda menggunakan uang yang sebenarnya anda tidak punya dan terbukti margin trading inilah yang menjadi salah satu penyebab krisis maha dahsyat ini

Manager Investasipun tidak bisa berbuat banyak mereka tidak bisa berpikir obyektif lagi karena dunia ini sedang dirundung suatu mania jika tetap berpedoman pada prinsip-2x klasik seperti Benjamin Graham mungkin para MI itu sudah bertahun-2x lalu didepak dari posisi mereka..ya Target dan Target pada akhirnya keserakahanlah yang membunuh peradaban ini.

Banyak orang yang merasa lega ketika The FED mengambil alih AIG untuk beberapa hari kemudian bursa sedikit rebound tetapi sesuatu yang busuk tetap tidak bisa disembunyikan lama-lama AIG bukan sepenuhnya di bail out oleh The FED. AIG hanya diberikan pinjaman saja yang harus dilunasi beberapa bulan kedepan dan The Fed mendapat prioritas utama dalam pelunasan hutang tersebut

Posisi bullish pada index dowjones nampaknya masih jauh pola chart triple witching sudah terbentuk belum lagi ada peraturan baru dari SEC (Bapepam-nya amerika) yang melarang transaksi short selling untuk saham-saham di sektor keuangan. Hal ini dikhawatirkan kelak akan merembet ke sektor lain.

Tapi nampaknya hajaran ini masih belum cukup dari pengamatan saya buble yang satu ini hanya mengkerut sedikit untuk kemudian berpindah di sektor lain manusia masih berusaha untuk melawan hukum alam dan kita lihat saja nanti siapa yang akan menang.Ingat pemerintah amerika pernah mengambil kebijaksanaan yang sangat tidak populer di tahun 1930-an yaitu warga US dilarang menyimpan emas jika ketahuan emas akan disita dan si empunya akan dipenjara dan di denda di Indonesia pada era ORLA juga demekian pemilik deposito atau giro dananya di tahan dan ditukar dengan obligasi yang baru cair beberapa puluh tahun kedepan dan walaupun sudah cair nilainya sudah tidak ada artinya lagi karena sudah digerogoti inflasi yang sangat ganas.

Krisis ini masih jauh dari usai dan yang paling mengerikan adalah setiap krisis akut akan berakhir dengan perang. Ingat civil war di US, dan terakhir Great depression yang berakhir dengan PD-II.Ya perang adalah instrument yang paling mujarab dalam menyeimbangkan keadaan.

Alam akan selalu punya caranya sendiri untuk menyeimbangkannya. Seperti Sodom dan gomorah seperti menara babel dan seperti pasukan firaun yang angkuh dan congkak.Maaf jika menurut saya Tuhan bahkan tidak pernah menghukum mereka. Mereka jatuh oleh perbuatannya sendiri CMIIW

Entry filed under: Ekonomi & Investasi. Tags: , .

Sun Tzu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


+Add @agapechildrencare to your Yahoo! Messenger
agapechildrencare

Blog Stats

  • 91,704 hits

%d blogger menyukai ini: