Fenomena Latah

Maret 27, 2008 at 7:54 am Tinggalkan komentar

e.. copot !!
e.. kocrot !!
e.. k*nt*l !!

itu latah-latah yang paling seing kita denger dari si pnderita / penganut aliran latah-isme hehe… Apa sih latah itu?

Perilaku latah muncul dalam bentuk ucapan atau perbuatan yang spontan (diluar konteks) dan biasanya terjadi setelah ybs. kaget atau dikagetkan.
Latah dapat muncul dalam beberapa macam bentuk antara lain pengulangan kata (ekolalia), peniruan gerakan (ekopraksia), pengucapan kata-kata jorok (koprolalia) ataupun melakukan gerakan sesuai perintah (automatic obedience) [ngutip dari sini]

yang paling sering kliatan di fenomena latah yah pastinya yang pengulangan kata, kata ‘copot’ jadi favorit para latah-ers mungkin karena dasarnya copot merepresentasikan terlepasnya sesuatu / kaget hehe… jadi Ee.. COPOT !!

kalo yang kedua yg masuk dalam kategori ekstrem karena melibatkan kata2 kurang berkenan yang kurang pantas diucapkan hehe.. tau sendiri kan ga usah diketik disini :p

Yang ketiga ini yang paling parah, latahnya interaktif haha, plus perbuatan juga bukan kata2 aja, paling demen kalo ketemu org yang punya latah macam begini, coba aja treak di depan dia HORMATT GRAKK!! pasti langsung dia pasang gaya hormat dengan tangannya sambil latah juga HORMATT GRAK! P kayaknya seru juga kalo bisa bilang gini ke dia:

HORMATTT GRAKK!! GOYANG INDIA GRAKK!! hakhakakakakk….

satu tipe lagi yng lupa disebut disitu, ada juga loh yang latah religius :p kemaren pas lagi di dalem mikrolet mo ke kantor ada satu mbak2 pas mo turun kakinya kesandung kaki penumpang lain yang otomatis bikin dia latah “E Innalilahi…” temen kantor gue lebih keren latahnya gini ‘Omitohud..”

Tapi kenapa latah cuma ada di Indonesia, or at least at Asia tenggara maybe. Gak pernah kan denger orang bule latah ‘O dismantle…dismantle…” hakhahak..aneh bener P (dismantle = mencopoti) kalo gue bilang mah latah itu bukan anomali, tapi kebiasaan yang dibiarkan yang jadi trend or dianggap gaul padahal sih amit2.

Sumber:

http://www.yllib.net/blog/2007/08/26/anomali-latah.html

http://klinikservo.wordpress.com/2007/07/12/latah/

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , , , .

Investasi Properti? Kamus Bahasa Hokkien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


+Add @agapechildrencare to your Yahoo! Messenger
agapechildrencare

Blog Stats

  • 91,704 hits

%d blogger menyukai ini: